MEMPERCEPAT FIREFOX

mozilla

Siapa yang tidak kenal dengan Mozilla Firefox? Popularitas Firefox sebagai browser sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Sebagai pesaing Internet Explorer (IE) punya Microsoft sudah banyak menggaet pengguna Firefox dan semakin bertambah dari waktu ke waktu. Alasan lemahnya keamanan Internet Explorer mendorong untuk migrasi ke Firefox. Ini dibuktikan dengan dimunculkannya IE 7, yang konon memacu perpindahan pengguna IE ke Firefox. Alasan lain adalah penambahan fitur-fitur dari Firefox yang bisa meningkatkan kestabilan dan mempercantik penampilan Firefox ini. Dengan theme-theme yang banyak tersedia, penampilan Firefox tidak monoton dan berkesan sangat cantik.
Configurasi Firefox juga bisa diedit sendiri oleh user, sehingga bisa mendongkrak peformance browser ini. Beberapa alasan inilah yang meningkatkan pengguna Firefox hampir 125 juta di dunia. Yang artinya sama dengan setengah dari penduduk Indonesia.
Fitur di Firefox bisa kamu tambahkan, caranya : Pada menu Tools, Add On, Get Add on, masukan namanya, Add to Firefox, Install.Setelah berhasil di install, ada konfirmasi restart. Restartlah Firefox dengan mengklik OK.
image
Ada beberapa Add on yang mesti kamu ketahui diskripsi dan kegunaannya:
  • ScribeFire : Add on ini sangat cocok untuk kamu yang suka nge-blog. Untuk edit posting di blog kamu bisa menggunakan add on ini. Dengan hanya mengaktifkan lewat F8, area posting sudah terbuka secara offline. Cocok jika digunakan pada koneksi yang payah. jadi tidak selalu connect dengan blog. Dilengkapi dengan tool editor seperti copy, paste, insert gambar, insert link, insert video, pengaturan align dan langsung bisa menerbitkan di posting blog anda. Dan yang asyik lagi bisa langsung melakukan ping ke server ping anda.
  • ImgLikeOpera : Berguna untuk pengguna yang bermasalah dengan volume penggunaan data. Berfungsi untuk memblokir file-file gambar yang ada di website, dan bisa kita buka jika kita memang sangat membutuhkan gambar tersebut. Tentu saja hal ini bisa mengurangi besarnya ukuran file website. Tambahkan addon ini kemudian buat icon di toolbar Firefox. Klik kanan pada tollbar, custumize lalu drag icon foto ke toolbar. Pada option pilih work with cache, 3 months.
  • FlashBlock : Hampir sama dengan add on diatas, tapi yang ini berfungsi untuk membatasi file video atau flash dari website yang terbuka. Sehingga mengurangi ukuran file yang terdonload. Ujungnya bisa mengurangi kapasitas pemakaian internet. Fiturenya bisa di disable dan enable.
  • NoScribe : Dengan add on ini kamu bisa mendisable situs-situs yang tidak dipercaya, sehingga kita aman. Semua script akan di blokir kecuali anda mengijinkan Java script, Java dan lainnya. Untuk keamanan dari script jahat dan merusak, add on ini perlu dipikirkan.
  • ColorFullTabs : Agar kita bisa membedakan tab-tab yang terbuka banyak, tab bisa di kasih warna yang berbeda dan memberi nama URL Sehingga kita bisa melihat dan memasuki tab yang kita inginkan.
  • TimeTracker : Mengingatkan waktu browsing kita berapa lama. Penghitung waktu ini akan mati jika kita keluar dari browser, dan akan memulai hitung lagi saat kita buka browser lagi.
  • FasterFox : Meningkat kecepatan pada FireFox. Kecepatan dalam membuka web sangat terlihat setelah kita menambah add on ini. Tapi kita harus register dulu untuk install ini. Ada option default, courteous, optimized, turbo charged, dan costumize. Pilih yang kamu kehendaki.
  • FileUploader : Memberi tools download dan upload kayak pada DAP. Dan langsung mendetek server-server seperti picasa, flickr, youtube, facebok, webshots, google doc untuk menempatkan file-file kamu. Terdiri dari beberapa windows explore sehingga memudahkan untuk mengupload file dari komputer ke server.
  • Tweak Network : Untuk pengaturan pipeline, http max request, sehingga bisa mengatur kecepatan dalam membuka web. Setting bisa dirubah dari default ke power, dan rasakan bedanya.
  • Masih banyak extension pada FireFox dan kita bisa menambahkan atau mendisablenya sesuai kebutuhan dan keinginan kita.
Selain dengan menambahkan extension add on tersebut diatas, peforma Firefox juga bisa di dongkrak dengan mengedit langsung dari configurasi Firefox, caranyap ada address bar ketik about:config lalu enter. Namun sebelum melakukan edit di config Firefox ini ada warning anda harus berhati-hati melakukan pengubahan. Banyak sekali item di config ini, saya akan berbagi beberapi editting untuk mendongkrak kinerja pada Firefox, atau merubah tampil beda padanya.
Setelah ketik about:config, coba masukdan lakukan edit pada :
  • browser.startup.homepage
Fungsi dari item ini kamu bisa memberi default homepage yang terbuka pada saat membuka Firefox. Kita bisa memberikan satu alamat web atau lebih dengan menyisipkan tanda | (garis tegak lurus) seperti
http://google.co.id|http://giga-pati.blogspot.com
  • browser.tabs.warnOnClose
Ini akan memberi peringatan setiap kita tutup browser. Kita bisa mematikan ini dengan klik kanan pada item pilih toggle. Nilai true akan berubah false, berarti tidak ada konfirmasi saat kita exit dari FireFox.
  • network.http.pipeling Ubah nilai default false menjadi true. Dengan mengklik item dan toggle. False akan dirubah nilainya menjadi true.
  • network.http.pipeling.ssl rubah nilainya menjadi true
  • network.http.request.max-start-delay rubah nilainya menjadi 0
  • network.http.pipeling.maxrequest Rubah nilainya dari default 64 menjadi 8.
  • network.http.max-connections rubah nilai menjadi 96
  • network.http.max-connections-per-server beri nilai 32
  • network.http.dns.DisableIPv6 rubah menjadi true.
Juga buat item baru lagi dengan cara klik kanan pada config, new, masukkan :
  • content.interrupt.parsing – masukan nilai interger true
  • content.max.tokenizing.time – masukan new integer dengan value 225000
  • content.notify.interval – masukan new integer dengan value 750000
  • content.notify.ontimer – masukan new boolean dengan string true
  • content.notify.backoffcount – masukan new integer dengan value 5
  • content.switch.threshold – masukan new integer dengan value 750000
  • nglayout.initialpaint.delay – masukan new integer dengan value 0
Setelah merubah item-item tersebut, coba restart Firefox dan lihat perubahan-perubahan hasil edit kamu pada config tadi. Selamat mencoba !.
SHORTCUT FIREFOX
Bagi yang sudah terbiasa dengan tombol-tombol keyboard atau shortcut, di Firefox juga terdapat beberapa shortcut yang bisa mempercepat akses tanpa menjalankan mouse.Shortcut-shortcut Firefox tersebut seperti dibawah ini:
SHORTCUT
FUNGSI
Alt + Panah Kiri Pindah ke halaman sebelumnya
Alt + Panah Kanan Pindah ke halaman berikutnya
Ctrl + Panah Bawah Memilih searcg engine berikutnya
Ctrl + Panah Atas Memilih search engine sebelumnya
Ctrl + Tab Pindah ke Tab selanjutnya (Ctrl + Page Up)
Ctrl + Shift + Tab Pindah ke Tab sebelumnya (Ctrl + Page Down
Ctrl + Enter Menambahkan awalan “www” dan akhiran “com” ke alamat yang dituju
Shift + Enter Menambahkan awalan “www” dan akhiran “net” ke alamat yang dituju
Ctrl + Shift + R Refresh halaman web
Ctrl + F4 Tutup Tab yang aktif saat ini
Ctrl + Shift + W Tutup Firefox

4 comments :

  1. Bedanya firefox 3.06 dengan versi sebelumnya apa ya? trus kelebihanya apa?
    Aku masih versi 2.4...oke2 aja.
    thanks.

    ReplyDelete
  2. Oke juga sih postingnya. Memang sudah mencoba ya? Kok kayaknya udah familier sekali pemaparannya. Namun dalam penggunaan fitur Tweak Network kurang gamblang nih saya. Udah saya coba tapi kok gak bisa tak install ya.
    Mohon di jelasin..
    Thanks

    ReplyDelete
  3. Mau tanya nih kenapa akhir2 ini fire fox kok lama sekali membuka halaman blog ya.. padahal saya dah pakai versi 3.5.3

    ReplyDelete
  4. To @Alif : Biasanya versi yang lebih baru memiliki kelebihan dan penyempurnaan dari versi sebelumnya. Dalam hal peformance, dan fasilitas tambahan seperti penanganan terhadap virus, aksesibilitas seperti tab windows de el el. Versi 2.4 oke saja kalau sudah cocok pakai ya gak jadi masalah.

    To @ Misteri Quest : Setelah add on Tweak Network di tambahkan ke Firefox tinggal aktifkan saja. Atau dengan menambahkan speedyfox...

    To @Saung Web : Perlu dilihat setting di about:config.

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan advis Anda. Terima kasih sudah beratensi di blog ini. (Admin)