SMOOTHWALL UNTUK WARNET DAN JARINGAN KANTOR

Yang sederhana dan murah bukan berarti tidak handal dan memiliki fitur yang jelek. Salah satu contohnya adalah Smoothwall.  Meski dari komputer jadul nan sederhana bisa digunakan sebagai router, web proxy external mikrotik, firewall, bandwidth management dan sebagai url filter. Atau kesemua fitur tersebut digabung dalam satu smoothwall.

Nah, karena di Indonesia sebagian besar pengguna internet masih menggantungkan pada Speedy milik Telkom, maka kita coba membangun sebuah router, proxy, firewall dan bandwidth management untuk Speedy. Yang konon bisa membantu mengurangi isu bahwa sang Speedy punya bang Telkom melar mingkus, sering putus dan tersendat - sendat jalannya dengan plesetan Bukan Speedy tapi Slowly/Lemotly).


Memang untuk urusan beaya dan besaran bandwidth di Indonesia masih terhitung sangat mahal harganya di banding negara - negara tetangga kita kayak Malaysia, Singapura, Austalia dan negara lainnya. Namun sebesar apapun bandwidth yang kita punya, tanpa pengaturan yang akurat maka tidak bisa meningkatkan peformance berinternet, apalagi jika berhadapan dengan ulah pendownload dengan senjata IDM nya.




Dan … bagi maniak game online Facebook seperti Poker Texas Holdem tetap nyaman bermain game, tanpa terganggu meski satu kompi membuka account sampai 3, ada  user lain yang download tanpa harus menunggu beberapa menit untuk loading game dari Facebook ini.

Smoothwall router-firewall-proxy ini sangat bermanfaat sekali untuk jaringan di kantor, sekolah atau diwarnet, sehingga bandwidth bisa kita bagi secara adil, dengan membebaskan browsing. Browsing tetap nyaman, tanpa terganggu dengan penyedotan bandwidth pada proses download di komputer lain pada sebuah jaringan.

Juga tak kalah pentingnya untuk perlindungan terhadap anak-anak kita, siswa sekolah dari situs-situs atau content pornografi, maka smoothwall dengan url filternya sangat bagus untuk urusan ini. Karena generasi muda penerus bangsa adalah tanggung jawab kita semua. Termasuk pengusaha warnet, institusi pendidikan dan orang tua.
Langkah – langkah membangun router dan proxy speedy menggunakan smoothwall adalah :

1. Install Smoothwall kedalam komputer. ( Diasumsikan anda sudah selesai menginstal smoothwall ), kalau belum bisa dilihat di posting ini.
2. Pilih type network Green + Red . Interface Green terhubung dengan swicth jaringan lokal dan Interface Red terhubung dengan modem . Dan jika anda share internet untuk Hotspot di Kafe, Rumah atau Kantor bisa di tambahkan dengan interface Purple.

3. Tentukan IP address interface Red sesuai IP address modem speedy. Biasanya IP address modem speedy adalah 192.168.1.1 Maka kita kasih IP interface Red misalnya 192.168.1.x atau sesuaikan dengan settingan anda.
4. Ip address Green kita berikan sesuai keinginan kita, bisa 192.168.2.x atau 192.168.10. x dan seterusnya.


Setting smoothwall interface
Setting selanjutnya bisa dilakukan dengan meremote smoothwall di Browser (Firefox, Opera, Google Chrome).
  1. Pada menu NetworkingInterface. Connection method Red interface pilih PPPoE. Kemudian Save untuk menyimpan perubahan.
Selanjutnya NetworkingPPP lakukan setting Profile Name ( beri nama profile) 




  • setting  ppp










  • Telephony interface rubah ke PPPoE, Computer to modem rate : 115000 / 230000







  • Additional PPPoE setting beri nama misal ppoe-speedy






  • Pada pengaturan Authenthication, Username isi username speedy dan password isi dengan password speedy.






  • Mothod : PAP or CHAP kemudian tentukan DNS ke Manual atau Automatic dari ISP.






  • Klik Save untuk menyimpan perubahan setting.






  • Sebelum melakukan Connect ke modem di Home Menu Smoothwall, pastikan dulu pengaturan DHCP sudah benar, termasuk menentukan DNS. Kalau semua sudah benar, lakukan keneksi dengan ISP dari Control HomeConnect.








  • Coba melakukan browsing dengan Firefox, jika kita bisa berselancar di dunia maya dipastikan pembangunan sebuah router, firewall, proxy dan bandwidth management smoothwall berhasil.





  • Pengaturan diatas, adalah smoothwall untuk speedy dengan mode PPPoE. Jadi yang melakukan dial adalah dari smoothie. Modem di set dalam mode bridge. Sehingga beban modem sedikit terkurangi dan menambah umur modem, karena tidak harus men-dial dan DNS diatur oleh smoothie. Modem (modulator demodulator) hanya sebagai jembatan saja yang hanya bertugas untuk merubah isyarat digital dari komputer ke isyarat gelombang ke jaringan telepon dan sebaliknya. Namun jika menginginkan modem yang melakukan, maka langkah yg dilakukan adalah :
    1. Pada langkah ke 5, interface red pilih static. Biasanya IP modem 192.168.1.1 maka Red interface beri IP 192.168.1.x 
    2. Karena dial dilakukan oleh modem maka lewati langkah ke 6, tidak perlu dilakukan. Tapi ingat…modem diset dalam mode PPPoe. Username dan password di isikan di modem. Begitu juga DHCP diaktifkan.
    3. Gateway arahkan ke IP modem
    4. Reboot smoothie…..
      Selamat mencoba dan berkreativitas… semoga sukses…

    UNTUK SETTING WARNET, SERVER JARINGAN KANTOR/SEKOLAH CALL/W.A : 082226644466 ; 082300044099

    5 comments :

    1. Saya sudah selesai menginstal Smoothwall, tapi kok gak bisa di remote ya. Apakah ada yang kurang dalam menginstal, atau gimana. Mohon pencerahan...
      Thanks

      ReplyDelete
    2. Setelah selesai diinstall, SMOOTIE bisa diremot melalui jaringan lokal atau internet. Tapi harus diaktifkan dulu port SSH. Caranya masuk ke Browser, ketik ipadressgreen Smoothie. Ingat, ini memerlukan kabel UTP cross over, jika tidak memakai Swicth HUB.
      Masuk ke menu, pilih Service,remote acesss. Beri cawang pada SSH, kemudian save. Ini remote di LAN.
      Untuk meremote melalui internet :
      Masuk menu, pilih networking, external access, masukan ip public dan port 441, kemudian save.
      Sekarang Smoothie bisa di remote dari internet dengan https://ippublic:441

      Selamat mencoba...

      ReplyDelete
    3. Kalau minta bantuan setting jaringan sekolah di Rembang gimana? Bisa dibantu... trims

      ReplyDelete
    4. mohon penjelasannya cara setting game online di smoothwall....

      ReplyDelete

    Silahkan tulis komentar, saran dan advis Anda. Terima kasih sudah beratensi di blog ini. (Admin)