BLUETOOTH FOR NETWORK

bluetooth connect Bluetooth selain untuk berkirim dan menerima data juga bisa dijadikan untuk LAN (local area network) atau dalam bahasa indonesianya disebut jaringan. Selain yang sudah biasa digunakan untuk transfer data, gambar, lagu dari handphone ke handphone. Atau dari komputer ke handphone dan sebaliknya. Itu juga sudah merupakan suatu jaringan diantara beberapa jaringan yang menggunakan kabel utp, atau hotspot ( tanpa kabel).
Mungkin sudah banyak yang tahu dan sudah terbiasa menggunakan jaringan bluetooth pada handphone, seperti pada waktu kita minta ditarnsfer lagu atau gambar dari HP temen, atau pada waktu kita mengirim sms lewat bluetooth. Sekarang bagaimana jika kita melakukan pekerjaan tersebut untuk transfer data di anatara 2 komputer.
Hampir mirip cara kerjanya dengan yang dilakukan pada handphone, amun bagi newbie (pendantang baru) yang belum tahu caranya, bisa mempraktekan membuat jaringan dua komputer dengan menggunakan bluetooth ini.
Yang kita butuhkan untuk mencoba jaringan ini adalah 2 (dua) buah bluetooth usb port. Dan 2 (dua) komputer atau laptop.
Langkah-langkahnya adalah :
  1. Install driver bawaan bluetooth ke komputer. Biasanya berupa CD, atau kalau nggak ada kamu bisa download di internet sesuai typenya.
  2. Setelah selesai terinstall, atau di tengah2 menginstal kita diminta untuk menancapkan Bluetooth ke port ( colokan ) USB komputer. Colokan ini biasanya berada di belakang komputer dengan bentuh pipih terbelah ditengah. Yang biasa kita gunakan untuk colokan printer. Atau pada komputer dan laptop terdapat di samping atau di front panel depan.
  3. Jika driver dan hardware sudah terinstall, komputer akan memberitahukan bahwa hadware baru sudah terinstall dan tersambung dengan baik dan siap digunakan. "Found new hardware, Your new hardware a installed and ready for use". Lakukan juga pada komputer yang kedua.
  4. Setelah install driver selesai di pojok kiri bawah ada bluetooth icon Bluetooth berwarna biru. Jika berwarna biru merah, berarti tidak aktif, dan jika berwarna biru putih artinya bluetooth siap digunakan.
  5. Klik kanan mouse pada icon tersebut, pilih Quick connect-network access-other device. Bluetooth akan mendeteksi perangkat hardware yang ada dalam range jangkauannya.  Silahkan menunggu beberapa saat sampai ditemukan nama komputer.
  6. Jika sudah ditemukan perangakat baru,  klik pada daftar nama dan type device , dan kita akan diminta untuk memasukan password pada waktu paring.
  7. Masukan sembarang password, namun harus sama pada kedua komputer. Tunggu sampai ada pesan..."created network with..." yang berarti kita berhasil menyambung kedua buah komputer.
  8. Kita juga harus mengecek option bluetooth network. Atau jika ikon tersebut tidak ada di pojok kanan bawah, bisa dilakukan dengan masuk ke start-control panel-network connetions-bluetooth network. Pilih bluetooth network.image
  9. Pada internet protocol (tcp/ip) properties, biarkan automatic dan firewall windows off, sharing internet connection on ( aktifkan).
  10. Pada langkah ini udah bisa sharing data ke dua komputer.
Selamat mencoba. Dan jika pingin bluetooth untuk dial up dan berinternet dengan menggunakan hanphone bisa dilihat pada postingan sebelumnya.

1 comment :

  1. Terima kasih buat pembuat blog ini . Sangat berguna khususnya saya sudah rasakan !!!! Thanks . Jaya terus giga pati

    ReplyDelete

Silahkan tulis komentar, saran dan advis Anda. Terima kasih sudah beratensi di blog ini. (Admin)