BANDWIDTH MANAGEMENT PADA SMOOTHWALL

Mother Bear
Sering kita di buat gak nyaman saat berinternet di warnet, kafe, area hotspot, dikantor atau sekolahan. Karena ulah pendownload yg dilengkapi dengan senjata sejenis IDM (Internet Download Manager). Browsing jadi lemot dan lambat karena semua bandwidth yg ada, disedot oleh user bersenjata IDM tersebut. Nah untuk menghilangkan rasa gak nyaman tersebut, kita harus bijak dalam membagi bandwidth yang ada di warnet, kantor, atau sekolahan. Sehingga rasa nyaman user tetap terjaga dan stabil dalam berselancar di dunia maya.

Jika pada jaringan di warnet, kantor, sekolah atau di tempat-tempat hotspot tidak menggunakan BM (Bandwidth Management) dan hanya menggandalkan modem sebagai router dan DHCP, maka yakinlah bahwa bandwidth akan habis ditangan pendownload. Dan user lain megap-megap dalam berinternet. Untuk itu idealnya di dalam sebuah jaringan sangat diperlukan bandwidth management yang bisa membagi secara adil bandwidth kepada seluruh user yg ada.
Smotthwall disamping sebagai router, firewall, proxy dan url filter juga bisa menjalankan fungsi BM pada jaringan. Pada advanced proxy smoothwall, akan membagi bandwidth dengan fair. Dimana akan membebaskan browsing sehingga tanpa dibatasi bandwidth saat browsing, namun smoothwall membagi bandwidth saat ada user yang download. Itulah yang dijuluki Download Throttling pada squid advanced proxy smoothwall. Fungsi nya akan membebaskan bandwidth browsing dan sebaliknya akan membatasi bandwidth download.  Pengalokasian bandwidth bisa diatur untuk download pada Advanced Proxy. Baik untuk download file Binary, CD Images atau Multimedia. Namun secara default jika tidak memilih salah satu jenis file maka akan membatasi semua jenis file yang didownload. Berlaku untuk masing-masing interface, baik pada Green atau Purple jika kita membagi Smoothwall untuk jaringa warnet pada Green dan menggunakan jaringan Hotspot pada Purple.


bm

BM akan membatasi secara fair bandwidth yang ada pada jaringan. Seperti contoh jika kita memiliki bandwidth 1 Mb (1024 KB) maka untuk download akan dibatasi misalnya setiap user/client diberi jatah bandwidth 256 Kb, dan bandwidth keseluruhan jaringan 1 MB akan dibagi maksimal setiap user mendapat jatah 256 KB. Jadi pendowload pada satu komputer tidak bisa menyedot semua bandwidth yang ada. Hanya bisa mampu menggunakan bandwidth 256 KB. Ini juga berlaku untuk user yang memakai senjata IDM. Untuk user yang tidak menggunakan bandwidth untuk download dia akan diberikan jatah semaksimal mungkin untuk melakukan browsing. Sehingga user akan nyaman berinternet tanpa terasa berkurang kecepatannya dalam browsing.

dt
Pengaturan BM pada Smoothwall ini tidak berpengaruh pada user yang diberikan hak unprotect ip/mac. Artinya pada IP atau MAC komputernya yang diberikan hak istimewa pada advanced proxy akan lolos bebas menggunakan bandwidth. Didukung offline mode pada Advanced Proxy Smoothwall akan lebih terasa cepat browsing, karena cache halaman internet yang sudah pernah dibuka oleh user lain akan tersimpan pada memory dan harddisk Smoothwall. Semakin besar ukuran cache pada Smoothwall akan memberi akses yang nyaman saat internet, karena user tidak terus menerus terhubung ke internet dalam request halaman web, sehingga bandwidth akan aman dan bisa diguakan untuk user yang browsing terhadap halaman-halaman yang baru.
Pengaturan Bandwidth Management ini bisa kita lihat traffic dan graphicnya di dalam Smoothwall. Termasuk besarnya rate data yang terakses lewat Smoothwall. Bandwidth Bar juga tersaji secara oline, untuk mengetahui bandwidth yang digunakan oleh masing-masing user. ( Menu – About – Bandwidth Bar )
bm mon

Traffic masing-masing interface juga bisa kita lihat. Interface Green (Warnet) Interface Purple ( Hotspot) Interface Red ( Modem )  --- ( Menu – About – Traffic Graphs )
traffic bm
 traffic2 trafficred Juga report penggunaan data yang lewat Smoothwall secara harian, mingguan dan bulanan juga bisa kita lihat.
statis1
Itulah salah satu kelebihan Smoothwall yang sederhana namun jika disetting maksimal akan memberikan peformance yang tidak sederhana. Karena selain Download Throttling juka didukung dengan pengaturan QoS (Quality Of Service) yang mampu memprioritaskan fungsi yang didahulukan. Seperti prioritas pada DNS (Domain Name Service), Web, Multimedia, Instant Mesagging, VNC, Electric Mail dan Gaming. Itulah kolaborasi Smoothwall dalam Download Throttling sebagai Bandwidth Management (BM) dan Quality Of Service (QoS).

UNTUK SETTING WARNET, SERVER JARINGAN KANTOR/SEKOLAH CALL/W.A : 082133236969;085866888799

No comments :

Post a Comment

Silahkan tulis komentar, saran dan advis Anda. Terima kasih sudah beratensi di blog ini. (Admin)