POWER OVER ETHERNET (PoE)

 

Dalam pemasangan antena wireless kita membutuhkan kabel yang cukup panjang, yang disesuaikan dengan tingginya posisi antena yang kita inginkan. Namun ada keterbatasan ukuran panjang kabel yang bisa disupply power dari port usb atau ethernet card. Jika kabel terlalu panjang, bisa mengakibatkan lose signal ( signal hilang ) sehingga tidak terdeteksi oleh komputer.

Namun kendala ini bisa kita atasi dengan menggunakan supply power untuk kabel yang panjang dengan menggunakan power tersendiri yang bukan berasal dari port usb komputer atau pci lan wireless. Sehingga dengan menggunakan kabel yang panjang 20 meter-30 meter koneksi komputer dengan antena masih baik. Pemakaian PoE ini juga bisa menghemat space di box Router/AP diatas antena, sehingga pemasangan antena bisa rapi dan mengurangi beban pada tiang. Karena dengan menggunakan PoE, kita tidak usah menyertakan kabel listrik, adaptor dan juga colokan pada box diatas antena. Bayangkan jika kita harus memakai kabel listrik sepanjang kabel utp di tiang.< Untuk itu kita bisa menggunakan PoE atas pada antena, dan PoE bawah pada ujung yang tersambung ke PCI Lan Card atau usb port. Sehingga kabel listrik, adaptor dan stopkontak tidak perlu dipasang diatas antena di dalam box outdoor router. Namun ternyata harga PoE juga lumayan. Dan bagaimana kalau kita buat sendiri PoE ini. Idep-idep latihan dan tambah kreativitas kita. Mau kan... pasti.

Yang kita butuhkan untuk membuat PoE adalah :

  • Adaptor Power Supply 500mA, dengan output voltase 12 volt. Bisa dibeli di toko-toko elektronik dengan harga variasi murah
  • Socket RJ45 dua buah.
  • Cripping ( tang penjepit kabel )
  • Solder
  • Multitester
  • Tester Kabel utp
  • Isolasi bakar/isolasi plastik
  • Konektor adaptor (wedokan)

Semuanya bisa kita dapat gratis jika kita pinjem temen. Hehe...( suka gratis aja )

Sebelum membuat PoE, kita perlu mengetahui skema kabel utp yang dipergunakan untuk jaringan lan atau menghubungan antena wifi ( wajanbolic, antena kaleng, omni, yagi dll) dengan komputer.


    Susunan kabel utp untuk antena dan jaringan sesuai warna kabel diatas. Dan yang perlu kita kita perhatikan adalah skema pemasangan di bawah ini.

    Jika kita tidak menggunakan kotak poE, langsung bisa kita buat dengan mengupas/menyolder/memotong kabel utp yang dicolokan ke lan card/usb port. Kita solder dan kita sambungkan menjadi satu kabel pin 4 dan 5. Kita sambungkan dengan 1 kabel dari adaptor (kabel adaptor berisi 2 kabel, biasanya hitam dengan merah). Kemudian kabel pin no.6 kita sambung ke kabel adaptor yang satunya. Seperti skema diatas. Ingat... ini dilakukan pada kabel bagian bawah yang nantinya tersambung dengan lan komputer kita.

    4 comments :

    1. bang...emangnya kalau beli pOE yang originil buatan pabrik berapa?? Mahal ya?
      ini cocok untuk di kehidupan yang gak menetu ini. gak mendukung..cari yg musah dan mantap oee.

      ReplyDelete
    2. iya bener ngapain susah2 buat POE beli aja napa...
      palingan cuma 15-20 ribu doank kok

      ReplyDelete
    3. SAYA SUKA SEKALI MENGENTOTI CEWEK-CEWEK PATI YANG HITAM MANIS. OHHHH...NIXMAT SEKALI BRO!!!!
      APALAGI KETIKA CEWEK-CEWEK PATI TERSEBUT MENJERIT KESAKITAN KETIKA PENIS SAYA MENUSUK ANUS MEREKA.
      (MAAF INI HANYA CERITA FIKSI BELAKA)

      ReplyDelete
    4. saya memasang internet wireles sistem voucher.dmn untuk menangkap sinyal menggunakan POE.bisakah saya menggunakan 1 POE untuk beberapa komputer.tp tiap komputer bisa isi voucher sendiri2 tanpa mengganggu komputer yng lain.kalau bisa caranya dong.trims buat infonya

      ReplyDelete

    Silahkan tulis komentar, saran dan advis Anda. Terima kasih sudah beratensi di blog ini. (Admin)